• 021-31-118-118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten
Berita Terkini
Pentingnya Self Management Untuk Mahasiswa

Pentingnya Self Management Untuk Mahasiswa

Mahasiswa dan tugas merupakan dua hal yang tak bisa dipisahkan karena itu merupakan bagian dalam proses perkuliahan dan mahasiswa dituntut untuk mandiri dan tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun pada kenyataannya masih banyak mahasiswa tidak mandiri dan telat dalam menyelesaikan tugasnya, masalah itu diakibatkan mereka suka menunda-nunda dalam mengerjakan tugas karena rasa malas dan menganggap waktu pengumpulan masih lama. Tak jarang mahasiswa mengabaikan tugasnya untuk aktivitas yang mereka anggap lebih menyenangkan, akibat penundaan itu waktu mereka dalam mengerjakan tugas terpotong sehingga mereka akan mengerjakan tugasnya dengan sistem kebut semalam (SKS) hasilnya nilai yang mereka dapatkan tidak maksimal.

Dari permasalahan yang terjadi diduga mengalami problem yang berkaitan dengan self management.

Self management itu apa sih?

Self management adalah kemampuan diri kamu untuk mengontrol akan apa yang sedang kamu kerjakan atau akan dikerjakan sehingga bisa menyelesaikannya dengan baik sesuai rencana atau apa yang diharapkan.

Kemampuan self management sangat diperlukan oleh mahasiswa. Tak hanya dibutuhkan di lingkungan pekerjaan atau pendidikan, akan tetapi self management juga diperlukan oleh seseorang yang melakukan aktivitas sehari-hari (daily activities) di rumah.

Apabila seseorang tidak menerapkan self management, dirinya cenderung kebingungan karena segala aktivitas yang hendak dilakukan saat itu tidak terencana atau tertata secara baik di dalam kehidupannya. Dengan kata lain, ia bingung apa yang harus dirinya kerjakan? Harus dari mana dirinya memulai pekerjaan atau aktivitas tersebut? Dan kebingungan-kebingungan lainnya.

Nah, berikut cara meningkatkan kemampuan self management:
• Percaya pada diri kamu bahwa kamu dapat mengerjakan sesuatu hal secara baik dan menyelesaikan dengan sempurna.
• Ketahui hal-hal penting untuk dimasukkan ke dalam prioritas yang harus dikerjakan dahulu.
• Pahami kemampuan bekerja kamu sehingga tahu teknik manajemen kerja apa yang harus dilakukan.
• Buat perjanjian dengan diri sendiri tentang batas waktu menyelesaikan tugas secara rigid dan berkomitmen dengan tegas.
• Periksa setiap hal yang dilakukan, apakah kamu sudah nyaman dengan langkah tersebut atau justru membebani diri sendiri. Sebab, self management adalah bagaimana kamu memahami diri sendiri supaya pelaksanaan tugas bisa dengan mudah terselesaikan tanpa beban.

Jadi, itulah yang harus diterapkan oleh mahasiswa agar tahu bagaimana cara mengatur waktu dengan baik dan bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas tepat waktu.

119 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *